Kamis, 20 September 2012

Pengaruh Handphone Bagi Remaja

Berikut beberapa dampak negatif yang timbul akibat pemanfaatan handphone secara sembarangan :

1. Membuat remaja menjadi enggan bersosialisasi secara langsung dan menjadi tidak tanggap akan lingkungan sekitar. Interaksi yang mereka lakukan cukup mereka lakukan melalui HP, jejaring sosial dll.


2. Daya kreativitas yang dimiliki remaja berkurang dan bahkan hilang. Hal ini dikarenakan dengan adanya kemudahan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan atau tugas di internet. Menyebabkan budaya plagiat meningkat.

3. Semangat untuk belajar menjadi menurun drastis, karena bagi remaja mengakses internet jauh lebih menyenangkan daripada harus berkutat dengan rumus-rumus dan buku-buku tebal yang harus dibaca per halaman.
4. Kriminalitas meningkat, dengan semakin canggihnya teknologi yang berkembang dan penggunaan yang sembarangan bisa menyebabkan para remaja menjadi korban tindak kriminalitas yang dibantu oleh media telekomunikasi berteknologi tinggi. Seperti melalui email, chatting maupun jejaring sosial lainnya.
5. Menjadi korban mode yang ada. Remaja berada dalam fase yang rentan terpengaruh oleh hal-hal yang berasal dari luar dikarenakan emosi mereka yang masih labil dan masih belum cukup stabil untuk memilih dan memutuskan sesuatu dengan baik dan benar.

Berikut dampak positif yang didapat jika memanfaatkan handphone dengan bijak dan baik:


1. Para remaja menjadi tahu dan lebih tanggap terhadap fenomena sosial yang terjadi, tidak hanya di lingkungan mereka namun juga di lingkungan yang bersifat universal.

2. Dapat berkomunikasi dengan saudara, kerabat ataupun teman yang berada jauh dari kita.
3. Dengan adanya teknologi yang kian waktu kian berkembang menuntut kita untuk bisa survive agar tidak kalah dalam kompetisi untuk hidup. Ini memaksa kita, para remaja untuk menjadi generasi yang tangguh, disiplin, dan pekerja keras.
4. Remaja, terutama yang masih berstatus sebagai pelajar umumnya sangat terbantu dengan adanya teknologi ini. Teknologi ini memudahkan mereka dalam kegiatan belajar mereka. Melalui teknologi yang canggih, mereka bisa mengakses tentang hal apa saja yang berkaitan dengan tugas-tugas mereka.
5. Fitur handphone yang canggih yang memungkinkan kita untuk bisa melihat dunia luar membuat kita menjadi individu yang kreatif, dan inovatif dalam mengemukakan suatu gagasan atau ide.