Selasa, 08 September 2015

Makalah Perencanaan Usaha Kue Mochi

Makalah perencanaan usaha kue mochi ini dibuat berdasarkan tugas kelompok mata kuliah Analisis Proses Bisnis. 

PERENCANAAN USAHA
KUE MOCHI


A.     Ringkasan pelaksanaan
Mochi adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner, khususnya makanan. Produk yang ditawarkan  adalah kue mochi dengan berbagai macam variant rasa Kehadiran Mochi sendiri dipicu oleh hobi pemilik dalam membuat kue. Dengan menambah pilihan rasa pada kue mochi saat ini, menghadirkan berbagai variant rasa yang belum ditawarkan oleh pesaing. Mochiel memasarkan produknya dengan menggunakan media sosial dan media cetak. didukung oleh pengalaman dalam bidang ini. Usaha ini dilakukan pada sebuah toko kecil. Kegiatan bisnis dimulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 21.00. kegiatan ini sama seperti kegiatan perdagangan pada umumnya yaitu melayani kebutuhan konsumen.




B.       Profil Usaha
Nama usaha              : Mochimut
Bentuk usaha                        : Industri rumahan/ Toko sederhana
Bidang usaha                        : Produksi makanan /Kuliner
Jumlah tenaga kerja  : 6 orang

Perdagangan merupakan salah satu kegiatan yang berkembang pesat di jaman sekarang dan mempunyai tantangan yang sangat besar terutama dalam bidang usaha kuliner makanan. Surakarta merupakan merupakan kota yang tekenal akan wisata kulinernya. Di Surakarta terdapat banyak  kuliner terkenal sepeti:serabi, dawet ayu dan nasi liwet. Selain itu terdapat   banyak online shop yang menjual beragam jenis makanan ringan seperti pie buah, cupcake, pancake, dan lain-lain. Melihat adanya pangsa pasar yang besar maka meningkatkan niat  untuk  membuat usaha kue mochi yang pemasaran nya dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan media sosial dan media cetak saja.

Visi dan Misi

C.     Strategi Usaha
D.     Produk
E.    Strategi pemasaran
1.   Segmen pasar
2.   Target pasar

untuk melihat versi lengkapnya silahkan 
download makalah Perencanaan Usaha Kue Mochi